Makan Nanas menyebabkan janin gugur

By Info Ummi - 14.11



Nanas dipercaya dapat menyebabkan janin dalam kandungan gugur. Ketika ibu memakan buah nanas, ibu akan mengalami pendarahan hebat dan jika janin tidak bertahan maka kemungkinan besar akan berakhir dengan keguguran. Oleh sebab itu di masyarakat terdapat larangan makan nanas bagi ibu hamil.

Fakta

a.Secara Medis-Biologis

Getah nanas muda mengandung senyawa yang dapat melunakkan daging. Cara mendeteksi senyawa ini secara sederhana dapat dicoba dengan mencicipi nanas muda yang masih bergetah, maka lidah akan terasa agak gatal. Ini pertanda senyawa pelunak daging itu sedang bereaksi dengan lidah anda. 

Buah nanas yang sudah tua atau disimpan lama akan berkurang kadar getahnya. Demikian juga dengan nanas olahan, misalnya selai nanas, manisan nanas, dan cocktail nanas.

Yang pasti nanas menganung vitamin C (asam askorbat) sehingga baik untuk ibu.

b.Secara Akidah

Ini tidak berkaitan dengan persoalan akidah, jadi tidak perlu dikomentari.

Kesimpulan

Bila ibu ingin berhati-hati dan percaya bahwa nanas berbahaya, sebaiknya dihindari saja. Namun, bila ibu adalah penggemar nanas dan masih ragu atas kebenaran diatas, tetaplah berpikir rasional dan makanlah nanas tanpa rasa takut. Pilihlah nanas yang sudah masak (tua, warna kuning tua) dan bersihkan lendir sebelum dimakan. Atau sebaiknya makan nanas yang telah disimpan lama atau nanas olahan (manisan nanas, cocktail nanas, selai nanas, dsb.)

Source : Buku Ensiklopedi Calon Ibu, Yazid Subakti, S.Si & Deri Rizki Anggarani,S.Gz
Ilustrasi Gambar : bumburujak.com 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar