Minum Minyak Kelapa Melicinkan Jalan Lahir

By Info Ummi - 08.05




Dengan meminum minyak kelapa masyarakat percaya proses persalinan akan berjalan lancar karena liang tempat keluarnya janin akan licin. Acara minum minyak kelapa ini akan diiringi dengan doa-doa tertentu.

Fakta

a. Secara medis-Biologis

Minyak kelapa adalah minyak juga, sebagaimana minyak lain. Jika telah ditelan maka alirannya akan masuk kedalam lambung, berlanjut ke usus halus dan akhirnya bercampur dengan kotoran hingga keluar melalui anus. Sedangkan bayi berawal dari ovarium (saat sel ovum diluncurkan) yang kemudian tumbuh berkembang dan membesar dalam rongga rahim ibu. Akhirnya bayi keluar melalui vagina.

Apakah minyak kelapa mengandung zat pelumas (lubricant?)tidak juga. Namun, jika yang dimaksud adalah virgin oil maka kandungan asam laurat dapat dipercaya menyembuhkan berbagai penyakit (bukan melicinkan jalan lahir)

Memakan makanan berminyak dapat membuat usus halus bekerja berat mencerna makanan, sehingga memperlambat pencernaan. Akibat buruk dapat timbul pada persiapan persalinan jika pencernaan ibu terganggu (bayangkan saat bukaan 4 anda sedang sembelit akbibat terlalu banyak minyak)

b. Secara Aqidah

Banyak juga yang meyakini bahwa minum minyak kelapa ini sebagai bagian dari ritual. Ini yang harus dihindari. Jika semata karena coba-coba dan kebetulan berhasil maka ini bukan patokan yang layak ditularkan kepada orang lain.

Kesimpulan
Minyak kelapa tidak berpengaruh dalam melancarkan persalinan. Namun, virgin oil dimungkinkan dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan menambah tenaga. Minyak atau lemak dapat memperlambat pencernaan yang justru membuat tenaga untuk mengejan tidak optimal dan badan tidak fit saat persiapan persalinan.
 
Sumber : Buku Ensiklopedi Calon Ibu  
Ilustrasi : Kompas.com

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar