Minum Es Menyebabkan Janin Membesar

By Info Ummi - 22.36



Minum es atau segala minuman dingin diyakini menyebabkan janin membesar atau membeku. Dengan janin yang besar, kalangan ibu-ibu khawatir bayi akan sulit keluar, yang ujung-ujungnya harus operasi Sesar. Oleh karena sebab itu, salah satu pantangan Ibu Hamil adalah minum es.

Fakta

1.Secara Medis-Biologis

Bayi besar justru baik bagi kesehatan janin anda, asal tidak melebihi 4 kg. Berat bayi kecil (kurang dari 2,5 kg) mengindikasikan Ibu kurang gizi atau ada riwayat penyakit tertentu. Jika Bayi anda kecil harusnya anda malu dan sang ayah merasa bersalah karena ini merupakan kasus BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah), mengindikasikan bahwa ibunya tidak paham gizi atau ayah tidak mampu mencukupi gizi isterinya.

Sebenarnya yang menyebabkan bayi besar adalah gula. Maksud dokter memperingatkan ibu hamil agar tidak minum es adalah karena dalam porsi es mengandung kadar gula tinggi dalam sirup yang digunakan. Lebih parah dari perilaku minum es manis adalah kebiasaan makan cokelat, camilan-camilan manis, minuman manis dan makanan lain berkadar gula tinggi. Jadi saat minum es, bukan karena dinginnya es yang menyebabkan besarnya janin, tetapi karena gula dalam syrupnya.

Karena suhu badan saat hamil cenderung naik, justru minum es atau air dingin baik untuk mengimbangi panas tubuh. Minum yang banyak juga sangat baik dilakukan selama hamil untuk memperlancar pencernaan

2.Secara aqidah

Kepercayaan ini lebih menyentuh logika ilmiah (yang salah kaprah), bukan persoalan aqidah. Namun jika logika ilmiah ini telah terbantahkan masih saja dipercaya, ujung-ujungnya adalah masalah keyakinan, bahwa es adalah sebagai sebuah benda dapat membesarkan bayi. Ini sama saja menafikan kekuasaan Allah, seolah Allah hanyalah penguasa kedua dalam penciptaan janin.

Kesimpulan
Silakan ibu-ibu hamil meminum es, tidak berbahaya. Banyak-banyaklah minum air es untuk menyegarkan badan, cairan yang banyak juga melancaran pencernaan. Yang dihindari adalah minuman atau makanan yang mengandung gula dalam kadar tinggi, baik itu es atau bukan. 

Source : Buku Ensiklopedi Calon Ibu, Yazid Subakti, S.Si & Deri Rizki Anggarani,S.Gz
Ilustrasi Gambar : vemale.com 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar